HMJ Pendidikan Bahasa Indonesia
Universitas Muhammadiyah Malang
HMJ Pendidikan Bahasa Indonesia
Universitas Muhammadiyah Malang

HMJ BAHTERA BERLABUH DI PULAU BULAN BAHASA

Author : Administrator | Senin, 20 Mei 2013 11:44 WIB

“Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia. “

           

            Berangkat dari untaian kata di atas, membuka laci memori kita tentang hari bersejarah bangsa Indonesia yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober. Bangsa Indonesia mana yang tak mengenal kalimat di atas? Mayoritas kalangan berpendidikan tahu bahwa untaian kata tersebut merupakan ultimatum sumpah pemuda yang dicetus oleh pemuda Indonesia pada tanggal 28 Oktober 1928. Hari yang menjadi sejarah lahirnya bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

            Oktober selalu menjadi momen hampir di setiap wilayah di Indonesia untuk memperingati bulan bahasa. Biasanya di  sekolah-sekolah hingga perguruan tinggi turut merayakannya. Perayaan dilakukan dengan beragam tergantung denganversi masing-masing sekolah. Perlombaan yang dilakukan kebanyakan berkaitan dengan bahasa.

            Di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah (HMJ BAHTERA) menyelenggarakan semarak bulan bahasa dengan mengagendakan lomba baca puisi mahasiswa se- Universitas Muhammadiyah Malang dan juga siswa SMA/sederajat se-Malang raya. Tema yang dibawa adalah “Berkarya Penuh Semangat, Menjunjung Tinggi Sastra dengan Aksi dan Performansi”. Diharapkan kegiatan tersebut akan lebih meningkatkan mutu dalam penggunaan Bahasa Indonesia dalam berkarya sastra, agar Bahasa Indonesia kita semakin menunjukkan eksistensinya dalam segala bidang.  

Acara ini sukses digelar pada tanggal 29 Oktober 2012 diikuti oleh seluruh peserta yang berjumlah 68 orang. Antusiasme sangat terlihat ketika peserta maupun pendukung memadati Aula BAU yang terletak di sebelah gedung Rektorat UMM. Acara berlangsung sejak pukul 08.00 WIB dan berakhir meriah dengan penganugerahan pemenang lomba pada pukul 15.00 WIB.

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image